5 Penyakit Khas Hati Sekolah Jaman Kini

Data dokter – Lingkungan sekolah bisa menjadi daerah penyebaran penyakit. Jumlah si kecil yang banyak di dalam satu ruangan, interaksi yang terjadi sepanjang hari, serta penggunaan permainan secara bersama-sama menjadi sebagian elemen penularan penyakit.

Berikut ini sebagian penyakit khas si kecil sekolah:

Selesma

Selesma ialah penyakit yang disebabkan oleh virus dan paling tak jarang dikeluhkan si kecil. Gejalanya yakni batuk, pilek, nyeri ketika menelan, dan kadang disertai dengan demam ringan.

Melainkan selesma bukanlah keadaan yang memerlukan pengobatan berlebihan. Cukup dengan banyak minum dan rehat, penyakit ini akan sembuh sendiri dalam 4–7 hari.

Parasetamol bisa dikasih seandainya si kecil merasa tak nyaman dampak demam. Umumnya, si kecil umur sekolah bisa mengalami selesma sebanyak 8–10 kali dalam setahun.

Cacar air

Penyakit cacar air atau varicella disebabkan oleh virus dan bisa sembuh sendiri dalam 7–10 hari. Gejalanya mencakup demam yang ditiru dengan bentol-bentol di kulit berisi cairan yang terasa gatal.

Pengobatan yang dikasih mencakup parasetamol untuk demam, dan antihistamin untuk mengurangi gatal. Metode terbaik untuk mencegah penyakit ini ialah dengan pemberian vaksin.

Campak

Ketika si kecil mengalami demam, batuk, pilek, mata merah, dan ditiru dengan ruam merah di kulit, orang tua harus mencurigai infeksi campak.

Pengobatan mengaplikasikan parasetamol untuk demam, vitamin A, serta rehat yang cukup, akan menolong menyelesaikan campak dalam 7–14 hari. Penyakit ini juga bisa dicegah dengan imunisasi.

Gondongan

Gondongan ialah penyakit yang disebabkan oleh virus dan gampang menular, namun ringan dan akan sembuh sendiri sesudah sekitar dua pekan. Gejalanya yakni demam dan pembengkakan kelenjar parotis di sisi leher.

Pengobatan gondongan cuma membutuhkan parasetamol seandainya si kecil mengalami demam atau tak nyaman. Imunisasi gondongan juga bisa dikasih untuk mencegah penyakit ini.

Cacingan

Apabila si kecil kurang mempunyai kultur bersih, karenanya cacingan bisa terjadi. Gejala yang timbul lazimnya berupa gatal di zona bokong. Rasa gatal akan kian menjadi-jadi di malam hari.

Cacing bisa dengan gampang ditularkan seandainya si kecil tak rajin mencuci tangan. Pengobatan dengan obat cacing akan membersihkan infeksi cacing, namun alat mandi dan alas tidur si kecil perlu dicuci dengan air panas.

Jadi, itulah sebagian penyakit yang tak jarang terjadi pada si kecil sekolah. Situasi-keadaan hal yang demikian lazimnya tak memberikan gejala yang berat. Pengobatan yang berlebihan perlu dihindari. yang lebih penting ialah membiasakan si kecil menjaga kebersihan, termasuk rutin mencuci tangan, untuk menghindari infeksi.