Yuk Kenalan Dengan Alat Laboratorium Dan Kegunaannya

Alat laboratorium dan kegunaannya bisa jadi bahasan yang menarik untuk kita krena ada banyak sekali hal Рhal yang bermanfaat dari sini. Pada kesempatan ini penulis ingin mengajak para pembaca sekalian untuk lebih dalam mengenal beberapa macam alat Рalat laboratorium dan kegunaanya. Laboratorium merupakan satu tempat yang biasanya digunakan untuk berbagai penelitian di berbagai bidang. Ada laboratorium Biologi, Kimia, Fisika, Geologi dan banyak sekali yang lainnya.

alat laboratorium dan kegunaanya

Ada berbagai macam alat – alat laboratorium yang biasanya dipergunakan di sana. Yuk sekarang kita bahas beberapa contoh dan juga kegunaannya secara singkat.

1. Mikroskop

Tahukah anda benda apakah ini ? Mikroskop merupakan satu alat laboratorium yang berfungsi atau berguna untuk mengamati benda – benda dengan ukuran yang sangat kecil. Orang menyebutnya benda mikroskopis. Alat ini merupakan alat yang cukup universal karena banyak dipakai di berbagai jenis laboratorium. Ada beberapa jenis mikrokop diantaranya mikroskop monokuler, mikroskop binokuler dan juga mikroskop terinokuler.

2. Timbangan Analitik

Penelitian yang dilakukan di laboratorium biasanya selalu membutuhkan data berat benda. Atau juga berat sample. Hal ini tidak bisa diambil secara kira – kira. Oleh karena itu biasanya di dalam laboratorium telah tersedia alat yang berfungsi untuk menimbang benda atau sempel yang menjadi bahan untuk penelitian. Alat ini sering disebut dengan timbangan analytic. Fungsinya adalah untuk mngukur masa benda.

3. Tabung Reaksi

Alat ini berbeda dengan mikroskop yang hampir di semua laboratorium digunakan. Tabung reaksi biasanya digunakan di laboratorium biologi, kimia dan juga laboratorium kesehatan atau medis. Tabung reaksi berfungsi untuk mencampur dan mereaksikan cairan yang satu dengan yang lainnya untuk kebutuhan penelitian. Tabung ini biasanya ditempatkan di dalam rak untuk memudahkan penggunaan.

Nah itulah beberapa macam alat laboratorium dan kegunaannya, tidak banyak namun saya kita bisa kita jadikan contoh. Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan anda bisa mencari di berbagai sumber lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.