Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Dan Berkilau

Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Dan Berkilau

Jaga rambut meski nampak sederhana tapi mudah tetapi terkadang susah. Tapi, tidak ada salahnya dalam praktik perawatan rambut berikut.

Rambut terlihat cantik bila dilihat dari kejauhan belum tentu tanpa masalah. Karena seiring berjalannya waktu, rambut bisa kering, jatuh atau retak. Sinar matahari, cuaca dan polusi seharusnya berkontribusi terhadap perubahan rambut dan kerusakan. gunakan juga suplemen fitnes Belum lagi penggunaan blow-drying, straightening, atau catokan (besi datar), pengeriting dan pewarna rambut. Mari kita lihat beberapa tips bagaimana merawat rambut mahkota Anda yang selalu sehat dan cantik selanjutnya.

1. Mulai dari kulit kepala

Cara merawat rambut cantik dan berkilau yang bisa dimulai dengan tidak melupakan kesehatan kulit kepala. Mengapa? Karena akar rambut tertanam di bawah kulit kepala. Menurut ahli rambut dan perawatan kulit kepala, folikel rambut dipengaruhi oleh kesehatan dan suplai darah dari jaringan kulit di sekitarnya.

2. Saat sampo

Dianjurkan untuk memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda (normal, berminyak, kering) dan rambut yang sesuai mengalami masalah (ketombe, percabangan, kehilangan). Hindari shampo yang mengandung bahan keras, seperti amonium lauril sulfat atau natrium lauril sulfat. Oh iya, saat sampo dianjurkan menggunakan air hangat. Air panas bisa menghilangkan minyak alami dari rambut, sementara air dingin bisa membuat rambut menjadi membosankan. Setelah keramas, oleskan kondisioner agar rambut tetap lembut, mengkilap dan mudah disesuaikan. Diamkan dua sampai tiga menit sebelum membilasnya secara menyeluruh.

3. Setelah sampo

Rambut yang masih lembab, tiga kali lebih rentan terkena kerusakan. Karena itu, disarankan untuk tidak menyisir atau menggosok rambut yang masih basah dengan handuk. Gaya rambut terbaik saat itu 90 persen kering dan membiarkan rambut kering dengan sendirinya.

4. Setiap hari

Jadi Anda selalu mahkota sehat, jangan lupa mempraktikkan cara merawat rambut, minimalkan penggunaan aksesoris rambut. Tak terlalu sering menguncir atau mengepang (jangan sampai terlalu cepat), jangan terlalu lama menyisir rambut, dan rapikan rambut secara teratur (setiap 10-12 minggu untuk menghindari ujung terbuka). Kurangi penggunaan bahan kimia untuk rambut dan penggunaan hairdresser yang menggunakan panas,

5. Makanan dan vitamin rambut

Yang Anda konsumsi juga mempengaruhi kesehatan dan kecantikan rambut. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein (telur, susu, kacang-kacangan, ikan, unggas, daging), besi (kacang, kerang, tiram, biji labu, bayam), omega-sarden, keju, yogurt). Anda juga bisa mengonsumsi suplemen biotin untuk membantu mengurangi atau mencegah rambut rontok.

Selain mempraktikkan berbagai cara untuk merawat rambut di atas, itu akan menjadi sempurna jika Anda berkonsultasi dengan spesialis yang benar-benar tahu tentang apa yang harus dilakukan tindakan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *