Ini Dia Daftar Harga Sapi Kurban Idul Adha di Indonesia yang Berasal dari Beberapa Wilayah

Bagi calon jamaah yang akan melakukan kurban, pastinya sedang dalam tahap memilih apakah hewan yang akan menjadi kurban Anda. Ini semua sebenarnya bisa ditentukan jika Anda sudah tahu berapa budget yang dimiliki untuk kurban. Banyak orang yang kini sudah mulai mencoba juga dalam melakukan kurban sapi, ini bukan merupakan hal yang buruk, selama masih mampu untuk membeli memang sebaiknya dilakukan. Sapi sendiri di Indonesia berasal dari beberapa wilayah, ada sapi yang lokal sampai dengan impor.

 

Sebelum membeli sapi untuk kurban ini pastinya akan mencari mana sapi yang berkualitas baik dan mana sapi yang tidak. Perlu diketahui juga, ada beberapa daftar harga dari sapi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah harganya antara lain:

 

  1. Sapi PO, ini menjadi salah satu sapi yang umum sekali digunakan pada saat kurban, jenis sapi ini juga yang banyak sekali dijual di kios yang menjual hewan kurban. Salah satu ciri khas dari sapi ini adalah memiliki warna putih pada bagian tubuhnya dan juga memiliki tanduk yang tidak terlalu panjang. Harga dari sapi ini biasanya ada pada kisaran 20 juta sampai dengan 30 juta.
  2. Sapi bali, jenis sapi ini merupakan salah satu sapi yang berasal dari kota Bali dan banyak sekali peminatnya karena ukuran sapi ini biasanya sangat besar sehingga akan lebih banyak dagingnya. Ciri khas yang ada pada sapi ini adalah memiliki bulu yang biasanya warnanya hitam. Harga sapi ini mulai dari 30 jutaan.
  3. Sapi sumba, ini merupakan sapi yang berasal dari Nusa Tenggara dan memiliki ciri biasanya memiliki bulu dengan warna cokelat yang alami. Harga dari sapi ini biasanya ada pada kisaran 35 jutaan.
  4. Sapi Limousin, ini adalah jenis sapi yang paling besar dan ukurannya juga bisa dibilang sangat melebihi ukuran sapi lainnya. Harga dari sapi ini cukup tinggi biasanya bisa mencapai 50 juta.

 

Jika sudah melihat harga sesuai dengan jenis sapi maka kita bisa melihat mana harga sapi kurban Idul Adha yang sesuai dengan budget Anda. Beberapa jenis sapi ini memang bagus sekali sebagai hewan kurban. Sudah ada sertifikasi juga dari dinas peternakan yang salah satu dokumen penting.

 

Melihat beberapa sapi ini, kita bisa menentukan mana yang memang baik dan mana yang tidak. Jangan ragu dalam memilih, kita bisa memilih sapi yang sehat dilihat dari berat badannya. Tanyakan juga pada pedagang darimana sapi ini berasal.

 

Ada juga beberapa sapi impor yang biasanya didatangkan dari Australia. Jenis impor ini adalah untuk membantu stok sapi yang ada di Indonesia. Biasanya pada bulan Idul Adha banyak permintaan sehingga mengurangi stok yang ada.