Mengenali Lebih Dalam Frame Kacamata

Masyarakat yang menggunakan kacamata di Indonesia, pada umumnya mengenali berbagai jenis  frame kacamata berdasarkan tiga jenis perbedaan konstruksi yakni frame penuh, frame setengah, bahkan tanpa adanya frame. Sedangkan para praktisi kacamata yang sudah mendapatkan serta memahami pengetahuan khusus mengenai kacamata akan membedakan dengan beberapa jenis konstruksi frame kacamata tersebut ke dalam beberapa klasifikasi yang jauh lebih kompleks.

Konstruksi frame kacamata minus Penuh. Pada frame kacamata ini mempunyai konstruksi rim yang melingkari pada seluruh keliling lensa. Frame ini dapat berbahan metal ataupun plastik, serta gabungan dari keduanya. Variasi dari bentuk yang termasuk dalam klasifikasi frame kacamata penuh ini yakni biasanya akan digunakan dalam kacamata baca untuk penderita presbyopia, telebih yang tidak memerlukan koreksi dalam penglihatan jauh, serta dapat pula untuk yang kesulitan dalam beradaptasi dengan lensa bifokal maupun multifokal. Pengguaan jenis frame kacamata ini biasanya akan diposisikan sedikit melorot sehingga mata anda dapat melihat ke arah jauh tanpa perlu melewati lensa kacamata.

Pada konstrusi frame setengah. Pada frame kacamata ini terdapat konstruksi rimnya yang hanya melingkari pada sebagian keliling lensa saja, bisa hanya pada bagian atas, samping, serta bawahnya saja. Lalu yang terakhir yakni Konstruksi Tanpa Bingkai.
Frame Kacamata model rimless ini, sebagaimana telah disebut memang tidak mempunyai rim untuk menahan sisi lensanya.

Leave a Reply