Motif Pintu Ukir Minimalis Dari Jawa yang Terkenal Hingga Mancanegara

Motif Pintu Ukir Minimalis Dari Jawa yang Terkenal Hingga Mancanegara

Indonesia terkenal memiliki warisan budaya yang sangat beragam. Salah satu warisan tersebut yang masih dilestarikan hingga kini yakni kerajinan tangan ukir seperti pintu ukir minimalis atau gebyok, ukiran patung serta beberapa kerajinan ukir lainnya. Terdapat beberapa daerah yang terkenal dengan kerajinan pintu ukir, antara lain Jawa, Bali, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera. Kerajinan pintu ukir atau yang dikenal dengan gebyok memiliki motif yang beraneka ragam sesuai dengan daerahnya. Salah satu daerah penghasil kerajinan ukiran minimalis yang sudah mendunia adalah Jawa.

Pulau Jawa terkenal memiliki motif ukiran yang menarik. Salah satu motif yang paling terkenal yaitu Motif Majapahit. Motif ini merupakan salah satu motif ukiran khas Jawa yang berasal dari daerah Jepara. Keunikan dari motif ini yaitu semua bentuk dari motif ukiran berupa daun, bunga dan buah yang berbentuk melengkung, cekung dan cembung. Maka tak heran jika Gebyok Jawa begitu terkenal hingga mancanegara. Berikut ini adalah penjelasan spesifik mengenai Motif Majapahit.

 

  • Motif Ukiran Angkup

Motif ini memiliki ciri khas berbentuk cekung dan pada bagian ujung pangkalnya berikal pada bagian atas, sedangkan pada ujung angkup terdapat bentuk ikal yang menjadi tanda akhir dari ukiran motif angkup.

 

  • Motif Ukiran Jambu Susun

Ciri khas dari motif ini pada bagian muka daun pokok tersusun secara berulang di bagian depan atas dari daun pokok.

 

  • Motif Ukiran Daun Trubus

Ciri Motif Trubus terletak pada daun pokok. Biasanya motif ini mengalami perulangan berkali-kali dan biasanya tergantung dari selera pemahat.

 

  • Motif Ukiran Benangan

Ciri motif ini yaitu terletak pada benangan garis dimana biasanya terletak pada bagian daun pokok. Dimulai dari pangkal dan mengikuti alur lengkung daun poko hingga berakhir dengan ulir.

 

  • Motif Ukiran Pecahan

Motif pecahan terdiri dari dua jenis. Pertama pecahan cawean terdapat pada ukiran daun patran. Kedua pecahan garis menjalar pada bagian daun pokok.

 

Tingkat kesulitan ukiran menjadi tolak ukur dari harga gebyok atau pintu ukiran tersebut. Semakin detail ukiran yang terdapat pada gebyok maka dapat dipastikan harga gebyok mahal. Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan gebyok ukir minimalis dapat dipastikan harga gebyok murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *