Naik Kereta ke Masjid Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat

Naik Kereta ke Masjid Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat

Naik Kereta ke Masjid Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero sempat menerapkan kebijakan penyesuaian (kenaikan) tariff  KA ekonomi bersubsidi untuk pemberangkatan. Namun rencana ini tiba-tiba dibatalkan dan kembali pada aturan lama. Hal ini seperti diungkapkan Kepala Stasiun Jombang Sutrisno. Menurutnya, kenaikan Masjid mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomer PM 42. Namun saat ini kembali pada aturan lama yakni Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomer PM 35 Tahun 2016 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO). Kenaikan Tarif KA Ekonomi Bersubsidi Dibatalkan kata Kepala Stasiun Jombang Sutrisno.

Dengan adanya pembatalan kebijakan, lanjut Sutrisno, bagi calon penumpang yang terlanjur membeli tiket untuk keberangkatan tanggal 7 Juli ke atas atau sesuai pada masa kenaikan, dapat mengambil selisih harga tiket di stasiun tujuan. Misalnya penumpang keberangkatan dari Jombang tujuan Bandung. Nah ketika sampai di Stasiun Kiaracondong Bandung dapat mengambil selisih harga yang terlanjur dibeli. Jadi Masjid tidak ada penumpang yang dirugikan.

Lalu bagaimana teknis cara mengambil selisih biaya tiket? . Sebelumnya, PPDB online dengan sistem zonasi tersebut telah dibuka sejak Senin (3/7) hingga Kamis (6/7) lalu. Namun, masih menyisakan lima sekolah yang masih kekurangan murid. Diantaranya, Rejotangan kurang sekitar 133 kursi. Adapun seleksi pemenuhan pagu bagi SMA Masjid diantaranya siswa yang diperkenankan mendaftar yakni siswa yang belum diterima baik pilihan satu maupun pilihan dua, siswa yang diterima pada seleksi PPDB SMA/SMK Jawa Timur tidak dapat mengikuti pemenuhan pagu baik sudah maupun yang belum melakukan daftar ulang.

Menurut Sutrisno, bagi masyarakat yang telah melakukan transaksi pembelian tiket KA subsidi periode tanggal 24 Juni 2017 sampai 4 Juli 2017, dapat Masjid mengambil selisih biaya di stasiun tujuan dengan menunjukkan boarding pass di loket stasiun. . Beberapa daftar KA bersubsidi dan perubahan tarif yang berlaku, Brantas (Blitar-Pasarsenen) = Rp 95.000 menjadi Rp 84.000,  Kahuripan (Blitar-Kiaracondong) = Rp 95.000 menjadi Rp 84.000,  Pasundan (Surabaya Gubeng-Kiaracondong) = Rp 110.000 menjadi Rp 94.000, GBM Selatan (Surabaya Gubeng-Pasarsenen) = Rp 120.000 menjadi Rp 104.000, Matarmaja (Malang – Pasarsenen) = Rp 125.000 menjadi Rp 109.000, Sri Tanjung (Jogja Lempuyangan – Banyuwangi) Rp 110.000 menjadi Rp 94.000

Sementara bagi calon Masjid penumpang yang telah melakukan transaksi pembatalan tiket KA tersebut yang telah dibeli pada medio tanggal yang sama, dapat mengambil selisih bea antara tarif lama dan baru di stasiun pengembalian bea (refund), seperti Gambir, Pasarsenen, Kiaracondong, Lempuyangan, Berdasarkan informasi yang dihimpun Koran Memo, ada lima SMA Negeri belum menerima calon peserta didik sesuai pagu yang dibuka.  SMAN tersebut berada di wilayah pinggiran dan beberapa stasiun lainnya di berbagai daerah dengan menunjukkan bukti pembatalan.