cak nun biodata

Profil dan Biografi Cak Nun – “Kyai Kanjeng”

Sebelum membahas mengenai biografi cak nun, mari berkenalan dengan pengertian biografi terlebih dahulu. Teks Biografi adalah ulasan rinci mengenai data diri seorang tokoh. Setelah berkenalan dengan biografi, mari berkenalan dengan Cak Nun. Nama Cak Nun mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu yang pernah mengalami peristiwa reformasi 98. Ada banyak tokoh yang ikut andil dalam peristiwa 98, salah satunya adalah Cak Nun.

Cak Nun memiliki nama lengkap Muhammad Ainun Nadjib (atau lebih dikenal dengan Emha Ainun Nadjib). Ia merupakan budayawan dan seniman dan juga sering melakukan dakwah dan menyebarkan nilai-nilai Islam.

cak nun biodata
cak nun biodata

Selain budayawan, Cak Nun juga dikenal sebagai intelektual Muslim dari Jombang, Jawa Timur. Dakwah yang dilakukan beliau lebih cenderung pada nilai-nilai perdamaian. Selain menekuni dunia seni, Cak Nun juga seorang penulis serta seniman teater. Tulisan yang dibuatnya lebih banyak bertemakan tentang kritik sosial dan politik yang sedang hangat terjadi.

Di banyak kesempatan pentas, Cak Nun selalu diiringi oleh grup musik Kyai Kanjeng. Gaya dakwahnya lebih condong ke diskusi bareng untuk membedah beragam masalah yang sedang banyak dihadapi khalayak umum.

Cak Nun selalu menjadi narasumber dari pengajian aktif yang dikenal dengan komunitas Padang Mbulan dan sering berkelliling ke berbagai daerah maupun pelosok-pelosok desa. Grup musik Kyai Kanjeng yang selalu menemani beliau adalah grup musik yang memadukan beragam jenis genre, kadang bermain secara tradisional, kadang musik pop, kadang juga bermusik dengan gaya gambus.

Berikut ini kami sampaikan juga biodata singkat mengenai profil beliau.

Nama Lengkap: Muhammad Ainun Nadjib

Nama Panggilan: Cak Nun / Mbah Nun

Tempat, Tanggal Lahir: Jombang, 27 Mei 1953

Agama: Islam

Profesi: Budayawan

Istri: Novia S. Kolopaking

Anak: Sabrang Mowo Damar Panuluh, Ainayya Al-Fatihah, Aqiela Fadia Haya, Jembar Tahta Aunillah, Anayallah Rampak Mayesha.

Riwayat Pendidikan:

  • – SD Jombang (1965)
  • – SMP Muhammadiyah, Yogyakarta (1968)
  • – SMA Muhammadiyah, Yogyakarta (1971)
  • – Pondok Pesantren Gontor
  • – Fakultas Ekonomi UGM (tidak selesai)

Riwayat Karir:

  • – Pembimbing Ruang Sastra di Harian Masa Kini, Yogyakarta (1970)
  • – Jurnalis di Harian Masa Kini, Yogyakarta (1973-1976)
  • – Pimpinan Teater Dinasti (Yogyakarta)
  • – Pimpinan Grup Musik Kyai Kanjeng
  • – Penulis puisi dan kolumnis di sejumlah media cetak

Demikian informasi dari kami tentang profil dan biografi Cak Nun, semoga menambah pengetahuan para pembaca.