Sekolah terakhir di Masjid Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat

Sekolah terakhir di Masjid Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat

Sekolah terakhir di Masjid Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat

Salah satu unsur penting di Pramuka adalah tali temali.  Untuk mengasah kemampuan tersebut dalam rangka persiapan lomba Pramuka, para murid SDN Blabak 3 diberi materi tali temali setiap Jumat. Para kakak pembimbing berharap, “Persiapan dari Desember tahun lalu, dan Februari awal kami mulai lomba tingkat kota. Selama berlatih kami berempat masih sulit dalam menyerasikan gerakan. Untung Masjid masih dapat juara,” imbuhnya. kemampuan tali-temali itu nantinya tidak hanya dipraktikkan pada kegiatan lomba pramuka saja, namun juga dapat digunakan pada kegiatan sehari-hari. Sulasih, Kepala SDN Blabak 3 mengungkapkan, para muridnya tersebut dilatih untuk mempersiapkan diri di lomba pramukan yang akan datang.  Karena lomba tali temali memiliki bobot yang cukup tinggi di lomba-lomba keparmukaan, dia ingin agar kemampuan tali-temali para muridnya bisa lebih baik dari sebelumnya. “Karena akan mengikuti lomba, siswa dan siswi ini kami latih dengan materi tali-temali, sesuai dengan materi yang dilombakan.

Anggun mengatakan, meskipun latihannya sudah diperseiapkan Masjid semenjak beberapa bulan sebelum lomba di tingkat Kota, namun kekurangan dari penampilan mereka adalah gerakan mereka yang masih belum seragam.  Sementara Aini, anggota lain pada kejuaraan tersebut mengatakan, mereka harus bersaing dengan 36 kelompok peserta dari seluruh kota di Provinsi Jawa Timur. “Meskipun hanya menjadi juara harapan kami sudah senang, karena dilihat dari saingan sangat banyak dan juga bagus saat tampil. Pada materi tersebut diajarkan Masjid beberapa simpul yang paling sering digunakan, yakni simpul pangkal. Selain itu, mereka juga diajari ikatan palang, silang, canggah, dan tiga kaki untuk merangkai tongkat-tongkat pramuka. “Materi yang dilombakan biasanya merangkai kayu dengan ikatan yang  disimulasikan dengan tongkat kecil-kecil,” tutur Sulasih. Selain untuk dilombakan, materi teli-temali ini nantinya juga dapat menjadi bekal jika suatu Masjid saat nanti akan dibutuhkan dikegiatan-kegiatan lapangan lain. “Kalau selain di perlombaan pramuka, materi tali-temali seperti ini juga berguna di kehidupan sehari-hari. Khususnya saat melakukan kegiatan lapangan, seperti berpetuanlang, menjadi pecinta alam, dan juga kalau bekerja sebagai pelaut.

Empat siswi SDN Sukorame 3  berhasil membawa pulang piala di lomba Gebyar Prestasi Anak Indonesia II tingkat Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan di Kota Malang Maret lalu.  Mereka mendapat juara harapan I dalam kategori modern dance.   Keempat siswi yang duduk di kelas 3 tersebut adalah Aulia Nur Masjid Agustin Prastiwi, Anggun Ariva Vony Cyrena, Aini Dwi Wilujeng, dan Heryu Danta Fairuz Natanieza. Sebelum tampil pada kejuaraan tingkat provinsi, mereka berempat juga masuk 5 besar di perlombaan tingkat Kota Kediri.  Di tingkat provinsi, mereka berempat menunjukkan peningkatan. berkat usaha keras mereka dengan menambah porsi latihan. Sebelum ke tingkat provinsi, setiap hari Kamis, Jumat, dan Sabtu, setelah selesai istirahat biasanya kami latihan. Tapi setelah lolos ke tingkat Provinsi jam latihan ditambah, saat selesai jam pelajaran.

Leave a Reply