tanah sertifikat

Hal-hal Seputar Balik Nama Sertifikat Tanah

Kurangnya pengetahuan serta minimnya informasi yang didapat membuat banyak orang tidak mengetahui mengenai tata cara balik nama sertifikat tanah. Padahal balik nama sertifikat tanah sangat penting untuk dilakukan segera agar tidak menimbulkan masalah pada kemudian hari.

tanah sertifikat

Kurangnya sosialisasi yang dilakukan pemerintah juga membuat banyak orang terutama di pedesaan kesulitan memahami tata cara balik nama sertifikat tanah. Untuk menghindari sengketa maka sebaiknya balik nama segera dilakukan. Jika anda tidak mengetahui caranya, maka berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan terkait balik nama sertifikat.

  1. Pastikan Luas dan Letak Tanah

Kejelasan luas dan letak tanah sangat penting untuk menghindari tanah milik anda tumpang tindih dengan milik orang lain. Pastikan tanah anda telah dicek dan diukur langsung oleh pegawai BPN(Badan Pertanahan Nasional).

Berikut tarif pengukuran tanah yang berlaku di BPN, yang didasarkan pada PP no 13/2010 tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Luas Tanah sampai 10 hektar, Tu = ( L / 500 × HSBKu ) + Rp100.000

Luas Tanah di atas 10 hektar s/d 1.000 hektar, Tu = ( L / 4.000 × HSBKu ) + Rp14. 000.000

Luas Tanah di atas 1.000 hektar, Tu = ( L / 10.000 × HSBKu ) + Rp134.000.000

* Tu (tarif ukur), L (luas tanah), HSBku (harga satuan biaya khusus kegiatan pengukuran)

  1. Status Kepemilikan Tanah

Sebelum berangkat menuju BPN ketahuilah terlebih dahulu mengenai status kepemilikan tanah tersebut. Biasanya catatan mengenai kepemilikan tanah tercantum dalam sertifikat tanah, yaitu masuk pada bagian riwayat kepemilikan tanah.

  1. Persyaratan Lengkap

Adapun persyratan bisa dilihat pada website resmi BPN. Namun secara garis besar persyaratannya adalah Formulir Permohonan, Fotokopi Identitas, Sertifikat Asli serta beberapa syarat lainnya jika pembuatan diwakilkan kepada orang lain.

  1. Lama Pengerjaan Balik Nama

Umumnya balik nama sertifikat memerlukan waktu sekitar tujuh hari untuk mendapat sertifikat baru dengan nama anda.

  1. Biaya Normal

Biaya pendaftaran untuk untuk membalik nama ini adalah Rp50.000. Sedangkan biaya untuk proses pengurusan disesuaikan dengan nilai tanah tersebut.

Jika anda sedang mencari tanah kavling di Gresik dengan lokasi yang strategis, silahkan hubungi kami di website http://griyakuindahselaras.com